Sejarah

Berawal dari kerisauan KH. Ahmad Mukhlisun (Penggagas dan pendiri) SMK Al-Qur’an dan dakwah Alam disingkat SMK ADA pada tahun 2015, diluncurkanlah program membuka lembaga pendiikan tingkat SLTA dengan nama SMK ADA, yang pada saat itu belum ada gedung, tetapi sudah memiliki murid sekitar 80 siswa, dan diakui siswa kelas X setelah tahun 2017.

Kerisauan Pak Yai Mukhlisun adalah semakin lunturnya rasa malu dilkalangan pelajar, semakin sepinya tempat ibadah dari pemuda, dan maraknya kenakalan-kenakalan remaja yang berbuntut pada saling tawur dan saling bunuh, sementara beliau menginginkan generasi sekarang adalah pemimpin masa yang akan datang.

Dengan pengelaman berpuluh-puluh tahun mengelola pesantren (tahun 2017 genap 105 tahun pesantren), yang santrinya kebanyakan adalah usia SLTA dan SLTP Pak Yai Mukhlisun yakin, dengan didirikanya SMK ADA akan menghasilkan calon pemimpin yang hafidz qur’an dan memiliki akhlak yang baik.

Pada tahun 2017, tepatnya bulan April 2017 secara resmi mendapat ijin operasional SMK ADA, dan tahun ajaran 2017/2018 mengawali proses belajar mengajar dengan 100 siswa.

Pak Yai memiliki impian, 20 tahun yang akan datang para pemimpin bangsa adalh para hafidz Al-Qur’an dan memiliki karakter bangsa yang baik, dengan siswa tidak pulang (mondok) bisa leluasa memprogram siswa untuk menghafal Al-Qur’an dan memberikan motivasi agar para siswa bangkit untuk berprestasi, dan menyumbangkan kemampunya untuk umat dan bangsa dimasa yang akan datang. Disamping target kejuruan yang ada, Pak Yai berharap siswa SMK ADA mampu masuk perguruan tinggi dengan hafalan 30 Juz, sukur bisa dapat beasiswa.

Pak Yai berharap, dengan berdirinya SMK ADA ini para orang tua diseluruh Indonesia bisa mendukung, sekaligus memasukkan anak, saudara, keponakan yang tamatan MTs atau SMP untuk masuk SMK ADA di Secang Magelang, atau SMK ADA diseluruh Indonesia, yang rencananya akan dibuka diseluruh Indonesia, ditiap Kabupten/Kota. Kami melihat perjalanan satu tahun siswa ada semangat belajar yang tinggi dan semangat menghafal yang luar biasa, juga anak-anak dibisakan dengan kehidupan yang baik, membiasakan kebaikan-kebaikan dan menyibukan dengan amal-amal sholeh dan menghafal Al-Qur’an.

Related posts

Leave a Comment